Ajusta

Peralatan Kantor Adalah: Pengertian, Jenis, & Fungsi Peralatan Kantor

Peralatan Kantor Adalah: Pengertian, Jenis, & Fungsi Peralatan Kantor

Organisasi tidak bisa berfungsi baik ketika tidak ada manajemen kantor, yang berfungsi untuk menyediakan berbagai sarana dan prasarana termasuk peralatan kantor.
Karena dalam manajemen kantor terdapat perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan untuk seluruh anggota termasuk berbagai hal-hal di dalam perkantoran seperti sarana dan prasarananya. Karena dengan sarana dan prasarana adalah alat dan penunjang untuk mencapai maksud dan tujuan kantor.

dilakukan adalah dengan memberikan fasilitas kantor dengan berbagai macam atau jenis peralatan kantor yang efektif dan efisien serta modern.
Tujuannya satu yakni mencapai produktifitas pekerjaan kantor yang se-efesien mungkin secara tenaga, biaya maupun waktu.

Secara umum, yang dimaksud dengan pengertian Peralatan kantor adalah seluruh alat yang bisa dipakai dalam pekerjaan tata usaha.

Menurut para ahli, salah satunya dari The Liang Gie (2009: 222 ) yang menyampaikan bahwa “Peralatan kantor (office supplies) adalah benda-benda yang dipakai habis dalam pelaksanaanya sehari-hari oleh pegawai tata usaha.”
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBB) yang mendefinisikan bahwa “Peralatan kantor berarti sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan”.

Melihat dari definisi dan pengertian peralatan kantor diatas, maka fungsi dari peralatan kantor itu sendiri adalah syarat/upaya untuk mencapai sesuatu. Peralatan kantor terdiri atas mesin-mesin kantor (office supplies) dan alat-alat bukan mesin.

Macam-Macam Peralatan Kantor Adalah?
Dalam menyediakan peralatan barang kantor membutuhkan pikiran yang matang, sebab terdapat macam-macam barang yang perlu untuk diperhatikan penggunaannya.
2 jenis barang yakni barang habis pakai dan barang yang tidak habis pakai.
yang dimaksud dengan Barang yang habis pakai adalah barang kantoran yang sekali pakai dan tidak tahan lama contohnya tinta, karbon, klip/penjepit kertas, kertas, amplop, dsb.
barang yang tidak habis pakai adalah barang yang bisa dipakai berulang lagi dan punya daya tahan yang lama contohnya penggaris, hecter/stepler, gunting, dsb.
bahwa peralatan yang biasa terdapat di kantor dan memang harus disediakan untuk menjamin kinerja perkantor adalah:

Kertas
Penjepit Kertas
Pulpen, Pensil, Tipe-X dan Penghapus
Printer dan Tinta Printer
Memory-Card, Flashdisk dan Eksternal Harddisk
Stopmap, Amplop dan Ordner
Stempel
Penggaris, Stapler, Gunting, Perforator
Mesin penghancur kertas
Filling Kabinet
Map Arsip dan Guide
Stapler (penyatu sejumlah kertas)
Komputer dan laptob serta jaringan internet.
Untuk berbagai pilihan dari jenis-jenis peralatan kantor yang penulis paparkan diatas, apabila ingin membeli, penulis sarankan untuk mencari gambar-gambar atau foto dari barang-barang kantor diatas yang biasa dipakai.

by : https://artikelsiana.com/peralatan-kantor-adalah-pengertian-jenis-fungsi-peralatan-kantor/

Related Posts

Tinggalkan Balasan