Tukumas

7 Jenis Bahan Kaos Lengkap Beserta Tips Cara Memilih Kaos yang Tepat

7 Jenis Bahan Kaos Lengkap Beserta Tips Cara Memilih Kaos yang Tepat

Memilih jenis bahan kaos memang bukanlah hal yang mudah. Mengetahui bahan dari kaos adalah sebuah hal yang penting, khususnya ketika Anda berencana untuk membuat produk tertentu seperti kaos, t-shirt, jaket, cardigan, jumper, hodie, dan lain sebagainya. Lantas apakah semua produk tersebut menggunakan bahan yang sama?

Tentu saja tidak. Pasalnya ada bahan tersendiri yang khusus dibuat untuk pakaian jenis tertentu. Jadi tidak boleh sembarangan dan salah dalam menentukan pilihan bahan untuk pembuatan produk tersebut. Dari sini Anda juga disarankan untuk memilih pilihan produk yang tepat dan terbaik.

Berikut adalah rincian jenis bahan kaos beserta definisinya yang bisa Anda pilih:

1. Katun (Combed 20s, 24s, dan 30s)

Bahan yang satu ini tentunya sudah sering Anda dengar. Ya, katun merupakan salah satu pilihan bahan yang 100 persen terbuat dari serat kapas murni. Bahan yang satu ini memiliki sejumlah karakteristik yang signifikan. Apa saja? Pertama adalah bahan tersebut identik dengan texture yang halus, nyaman dan dingin. Bahkan bahan ini juga cukup disukai karena kemampuannya yang sangat bagus dalam menyerap keringat. Khususnya ketika digunakan di iklim tropis seperti Indonesia.

Kain Combed memiliki serat benang yang halus dan tampak lebih rata atau rapi ketika digunakan. Lalu apa bedanya katun yang versi 20s, 24s, dan 30s? Yang membedakan dari ketika opsi tersebut adalah tingkat ketebalan yang dimilikinya. Untuk ukuran 20s, Anda akan melihat ukuran yang lebih tebal. Sementara untuk ukuran 30s, Anda akan melihat ukuran yang lebih tipis.

2. Cardet (20s Dan 30s)

Untuk jenis bahan kaos yang berikutnya adalah Cardet. Pada pilihan bahan yang satu ini memiliki bahan yang terbuat dari benang, tapi kurang halus apabila dibandingkan dengan Combed. Anda juga bisa memilih opsi bahan yang satu ini dengan konsekuensi nantinya akan mendapatkan bahan yang kurang halus dan rata.

Banyak pula yang mengatakan bahwa Cardet adalah KW1 dari Combed. Hal ini bisa dilihat dari harganya yang relative murah dibandingkan dengan kain Cardet. Meski demikian, peminat dari bahan satu ini juga tetap banyak. Biasanya target pelanggan untuk bahan satu ini adalah menengah ke bawah. Biasanya digunakan untuk seragam buruh, pembuatan kaos oblong olahraga, kaos pabrik, dan lain sebagainya.

3. Polyster Dan PE

Pilihan jenis bahan kaos yang berikutnya adalah Polyster dan PE. Ini adalah sebuah bahan berserat sintesis yang terbuat dari ester. Ester merupakan hasil sampingan dari minyak bumi. Biasanya fungsinya diperuntukan sebagai pembuatan bahan serat Fiberpoly. Bagaimana perbandingan bahan yang satu ini dengan dua opsi yang sudah dijelaskan di atas?

Baca juga : 5 Rekomendasi Jenis Bahan atau Kain untuk Seragam Sekolah

Untuk pilihan Polyster atau PE ini, Anda akan menemukan bahan yang memiliki panas signifikan ketika digunakan. Dari sini tentunya Anda harus mempertimbangkan dengan baik ketika hendak memilih jenis bahan yang satu ini. Pastikan bahwa Anda benar-benar memilih opsi yang tepat dan terbaik di dalamnya.

4. Teteron Cotton (TC)

Untuk opsi yang selanjutnya adalah TC atau Teteron Cotton. Seiring dengan semakin berkembangnya zaman, Anda akan menemukan salah satu teknik cukup unik dalam pembuatan bahan kaos tersebut. Hal ini bisa dilihat dari sebuah jenis bahan kaos yang berasal dari pencampuran yang terjadi antara Polyster dan juga Cotton. Dari sinilah Anda akan bisa menemukan sesuatu yang tepat dan terbaik.

Misalnya, ketika Anda memilih opsi Teteron Cotton ini, maka Anda akan menemukan bahwa keduanya merupakan gabungan dari 35 persen Cotton dan 65 persen Polyster. Bagaimana kualitasnya? Untuk jenis TC ini memiliki kemiripan dengan PE, yang mana cukup panas ketika digunakan. Hal ini dikarenakan kemampuannya dalam menyerap keringat yang kurang maksimal. Akan tetapi, ada satu keunggulan yang akan bisa Anda temukan pada bahan satu ini, yakni kemampuannya yang tidak mudah melar dan tahan kusut meski telah digunakan dalam jangka waktu yang lama.

5. Viscose

Untuk pilihan yang berikutnya adalah Viscose. Pada pilihan yang satu ini, Anda akan melihat sebuah produk yang berbahan buatan manusia atau Celuosa Organic. Dari sini Anda akan bisa melihat bahwa bahan yang satu ini memiliki tekstur yang menyerupai kapas. Biasanya bahan ini dipakai untuk menambah kecerahan terhadap warna dan kenyamanan yang ada pada serat sintesis.

Serat yang satu ini juga memiliki karakteristik tersendiri, yaitu tingkat kelembabannya yang tinggi dan juga kecermelangan warna yang lebih baik dibandingkan kapas. Jadi dari segi tampilan, Anda akan bisa melihat desain yang lebih berbeda dan elegan. Tak jarang jika harga dari bahan yang satu ini cukup mahal dan jarang tersedia di pasaran.

6. CVC (Cotton Viscose)

Untuk jenis bahan kaos yang berikutnya adalah CVC atau Cotton Viscose. Ini adalah pilihan bahan yang merupakan campuran dari dua bahan yang berbeda, yaitu 45 persen Viscose dan 55 persen Cotton Combed. Dari sini Anda bisa melihat bahwa bahan satu ini memiliki kelebihan istimewa dibandingkan bahan-bahan lainnya. Salah satunya bisa diamati dari tingkat penyusutan polanya atau shrinkage yang lebih kecil dibandingkan dengan Cotton. Bahan yang satu ini juga akan mampu menyerap keringat dengan baik sehingga nyaman kettika digunakan.

7. Hyget

Untuk bahan pilihan berikutnya adalah Hyget. Mungkin terdengar cukup unik, tapi bahan yang satu ini dibuat dari plastik dengan tingkat ketebalan yang saangat tipis. Karena itu tidak heran untuk bahan yang satu ini memiliki harga yang amat ekonomis. Karena karaktertistiknya tersebut, banyak yang mengatakan bahwa bahan satu ini tidak cocok dijadikan untuk kaos. Namun bagi orang yang ingin mencetak (sicetak.com) atau membuat kaos dalam jumlah besar, tapi dengan biaya yang seminim mungkin, sudah pasti Hyget bisa dijadikan sebagai opsi atau alternatif di dalamnya. Hal ini bisa diterapkan oleh pihak yang ingin membuat kaos sebagai keperluan kampanye politik, sponsor, dan lain sebagainya.

Tips Memilih Jenis Kaos Yang Tepat
Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui dalam pemilihan jenis bahan kaos tersebut. Satu hal yang pasti, Anda sebaiknya memilih pilihan kaos yang terbaik dan disesuaikan dengan kebutuhan. Dari sinilah semuanya itu akan bisa memberikan Anda kepuasan dan kenyamanan yang sesuai dengan selera. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam rangka memilih jenis kaos yang tepat tersebut:

Pilih yang memiliki kualitas terbaik apabila Anda ingin menciptakan produk yang kenyamanan dan kualitasnya baik untuk jangka panjang.
Pertimbangkan pula pilihan tersebut berdasarkan pada budget yang Anda miliki. Semakin besar budgetnya tentu saja akan semakin bagus kualitas bahannya.
Tentukan pilihan bahan yang tepat untuk pembuatan produk tertentu. Jangan terlalu memaksakan pilihan bahan tertentu untuk pembuatan produk yang tidak tepat.

Ingin pesan pakaian berkualitas dan terpercaya? langsung saja klik disini

SUMBER : https://konveksihasan.com/jenis-bahan-kaos-lengkap-beserta-tips-cara-memilih-kaos-yang-tepat/

Related Posts

One thought on “7 Jenis Bahan Kaos Lengkap Beserta Tips Cara Memilih Kaos yang Tepat

Tinggalkan Balasan