Ajusta

Manfaat Printer Bluetooth Portable untuk Bisnis yang Lebih Modern

Manfaat Printer Bluetooth Portable untuk Bisnis yang Lebih Modern

beralih menggunakan printer kasir portable, lho! Sesuai namanya, printer ini wireless alias tidak membutuhkan satu kabel pun. Ukurannya jauh lebih kecil daripada printer konvensional,
Printer ini adalah printer khusus yang digunakan untuk mencetak setruk atau nota kasir. Berbeda dengan printer pada umumnya yang menggunakan energi listrik, printer portable ini dioperasikan melalui sambungan bluetooth. Kertas yang digunakan juga bukan jenis paper sheet atau lembaran, melainkan kertas thermal.

Jenis-jenis printer
Printer bluetooth portable khusus digunakan untuk keperluan kasir. Alat ini berfungsi untuk mencetak setruk, barcode, karcis, dan sebagainya. Karena menggunakan kertas roll atau kertas dua rangkap dan NCR, printer mini ini menjadi sangat fleksibel dan efisien.

1. Printer thermal
Printer thermal menggunakan teknologi thermal khusus yang disebut dengan direct-thermal. Sesuai namanya, printer ini memanfaatkan energi panas dari head printer langsung pada kertas thermal yang juga khusus untuk digunakan pada printer jenis ini.

2. Printer dot matrix
Jenis printer dot matrix menggunakan teknologi impact atau dot matrix yang menghasilkan cetakan seperti kumpulan titik-titik kecil pada setruk. Sistem printer ini menggunakan pin atau jarum head printer yang akan menyentuh permukaan pita dan kertas sesuai pola yang diperintahkan.

Fungsi printer untuk bisnis

Printer bluetooth portable, baik jenis thermal maupun dot matrix, dapat digunakan untuk kasir di toko, swalayan/supermarket, karcis tol, pom bensin/SPBU, teller bank, hingga mesin antrean untuk dapur.

1. Membuat label
Label adalah sepotong kertas berisi informasi produk yang ditempelkan pada kemasan produk. Biasanya, informasi di label hanya mencakup nama produk, harga, dan tanggal kedaluwarsa.
Juragan juga bisa memanfaatkan printer portable untuk mencetak label, lho. yang punya bisnis kue, snack, atau camilan kering ala UMKM, bisa banget bikin label produk sendiri pakai printer bluetooth portable.

2. Mencetak setruk pembayaran
Fungsi utama dan paling populer dari printer portable mini ini tentu untuk mencetak struk. Setruk berfungsi sebagai data transaksi digital dalam bentuk fisik atau cetak
alat ini juga dapat diintegrasikan dengan mesin ATM dan dompet digital untuk mencetak berbagai setruk transaksi Juragan.

3. Mencetak barcode
Bagi Juragan yang punya bisnis UMKM seperti thai tea atau hamburger dan ingin punya barcode sendiri, tidak perlu pusing lagi karena printer portable mampu mencetaknya. Barcode adalah kumpulan data optik yang menyimpan informasi terkait suatu produk dan hanya dapat dibaca oleh mesin.

Keunggulan printer Bluetooth
Printer bluetooth mini untuk segala jenis kebutuhan bisnis terbukti punya fungsi yang komplet

1. Hemat tempat
Bentuk printer bluetooth didesain dengan bodi yang ramping dan sederhana sehingga tidak memakan banyak tempat. Ukurannya rata-rata cukup dalam genggaman tangan orang dewasa. Ringan dan tanpa kabel, printer portable menjadi solusi paling praktis untuk

2. Tidak perlu mengisi tinta
Keunggulan lain dari printer bluetooth adalah Juragan tidak perlu lagi mengisi ulang tinta untuk mencetak. Printer bluetooth portable ada yang menggunakan metode thermal atau suhu panas yang tinggi untuk mencetak tulisan, sehingga alat ini tidak memerlukan tinta sama sekali.

3. Praktis untuk dibawa ke mana pun
Printer portable mini dapat dibawa atau dipindah kapan saja dan di mana saja karena tidak terhubung dengan satu kabel pun. Printer mini dapat dioperasikan hanya dengan koneksi bluetooth saja.

4. Bisa dikoneksikan ke perangkat lain
Printer portable berhasil mencuri hati semua wirausahawan karena dapat dikoneksikan dengan berbagai macam perangkat lain! printer juga dapat dikoneksikan dengan berbagai aplikasi pembukuan Juragan di smartphone.

5. Dapat disesuaikan dengan kebutuhan
Dengan berbagai compatibility yang dimilikinya, printer portable menjadi sebuah pilihan yang dapat disesuaikan dengan semua kebutuhan.

6. Hasil cetak yang maksimal
Terkadang, orang masih ragu menggunakan printer portable karena takut hasil cetaknya akan cepat hilang.printer bluetooth murah dan praktis seperti ini justru menghasilkan cetakan terbaik dan ketahanan tulisan yang maksimal.

by : https://bukuwarung.com/manfaat-printer-bluetooth-portable-untuk-bisnis-yang-lebih-modern/

Related Posts

Tinggalkan Balasan