Tirtamas

Seberapa Penting Minuman Kolagen untuk Kulit?

Seberapa Penting Minuman Kolagen untuk Kulit?

“Kolagen bisa diproduksi tubuh secara alami. Selain itu, asupan makanan sehat dan konsumsi suplemen khusus juga baik untuk menjaga kadar protein alami yang satu ini. Lantas, bagaimana dengan minuman kolagen? Apakah efektif untuk menjaga kesehatan kulit?“

Kolagen merupakan protein yang penting untuk kesehatan kulit. Bukan tanpa alasan, protein alami ini memang banyak ditemukan di dalam kulit. Selain itu, kolegen juga ada pada tulang, otot, tendon, dan ligamen.
protein ini ternyata memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan tubuh, termasuk meredakan nyeri sendi dan menjaga kesehatan organ jantung. Meski ditemukan secara alami di dalam tubuh, tetapi kandungan kolagen akan menurun seiring berjalannya waktu. Karena itu, penting untuk membantu memenuhi kebutuhannya atau menghindari penurunan kadar kolagen sebelum waktunya.

Adakah Manfaat Minuman Kolagen?
Sangat penting untuk menjaga kadar kolagen dalam tubuh. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari mengonsumsi makanan tertentu, menjaga kesehatan kulit, serta mengonsumsi suplemen yang mengandung kolagen.

mengonsumsi minuman kolagen dikhawatirkan tidak efektif, jika tujuannya untuk kesehatan kulit. Saat minuman masuk ke dalam tubuh dan melewati saluran pencernaan, ada enzim-enzim tertentu yang akan memecah dan mengacaukan kandungan kolagen dalam minuman.

Makanan yang Baik untuk Kulit
Salah satu cara untuk menjaga dan meningkatkan produksi kolagen adalah dengan konsumsi makanan tertentu. Jika ingin memiliki kulit yang lembut, kencang, kenyal, dan awet muda, kamu bisa coba mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tertentu, seperti:

Vitamin A
Makanan yang kaya akan vitamin A bisa merangsang produksi kolagen dan menangkal dampak buruk dari paparan sinar UV. Kamu bisa mendapatkan asupan vitamin A dari tomat, wortel, sayuran hijau, ikan, hati sapi, dan produk susu serta telur.

Vitamin C
Asupan vitamin C juga baik untuk kulit, termasuk mencegah kulit kering dan membantu memperlambat tanda-tanda penuaan. Vitamin C bisa didapat dari jeruk, brokoli, pepaya, dan sayuran berdaun hijau.

Antosianin
Zat ini bisa ditemukan pada buah atau sayur berwarna terang. Antosianin baik untuk kesehatan kulit dan bisa didapat dari buah delima, anggur, buah beri, tomat, dan kacang merah.

Protein
Asupan protein pada tubuh akan diubah menjadi asam amino. Asam amino kemudian digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan kolagen. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi makanan kaya protein, seperti daging, seafood, susu, keju, yoghurt, dan telur.

Alpha hydroxy acids (AHAs)
Alpha-hydroxy acids adalah asam alami yang ditemukan dalam makanan. Zat ini bisa membantu produksi kolagen serta menghancurkan kolagen lama dan menggantinya dengan yang baru. Makanan yang banyak mengandung zat ini adalah jeruk, apel, tomat, dan lemon.

by : https://www.halodoc.com/artikel/seberapa-penting-minuman-kolagen-untuk-kulit

Related Posts

Tinggalkan Balasan